MTsN 1 Kuansing Terapkan Metode Bertukar Salam dan Soal pada Mapel Matematika

Kuansing (Inmas) – Setelah beberapa waktu lalu mengikuti Diklat di Pusdiklat Jakarta pada tanggal 22 Juni 2019, Elvita Asmana, S.Pd., guru mapel matematika menindaklanjuti kegiatan Diklat tersebut dengan menerapkan salah satu metode pembelajaran di MTsN 1 Kuansing.

Metode yang dipilih adalah berkirim salam dan soal, pada materi pecahan di kelas VII. Elvita Asmana menjelaskan tentang cara penerapan metode tersebut, “Pada metode berkirim salam dan soal ini, siswa akan dikelompokkan menjadi beberapa kelompok yang kemampuannya heterogen. Langkah pertama setiap kelompok mendiskusikan lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru. Setelah selesai, guru meminta perwakilan kelompok untuk mengambil kartu indikator soal di meja guru. Kemudian masing-masing kelompok mendiskusikan bentuk soal yang sesuai dengan kartu indikator soal dan menuliskan nya dikartu tersebut. Setelah itu, kartu masing-masing kelompok ditukar dengan kartu kelompok lain (bertukar kartu). Lalu mereka mengerjakan soal yang ada pada kartu yang telah diterima. Setelah semuanya selesai, dilanjutkan dengan presentasi hasil di depan kelas. Sebelum memulai presentasi, terlebih dahulu perwakilan kelompok menyampaikan salam kelompoknya (bertukar salam) dan juga menyampaikan yel-yel kelompok sebagai bentuk motivasi agar mereka semangat dalam pembelajaran,” tutur Beliau dalam wawancara dengan jurnalis madrasah.

Menanggapi hal ini, kepala madrasah H. Supriadi, S.Ag mengucapkan terimakasih kepada Ibu Elvita Asmana, S.Pd., dan Beliau turut bangga dengan segala inovasi-inovasi baru yang muncul dalam lingkungan MTsN 1 Kuansing, Beliau mengatakan bahwa. “Saya mengucapkan terimakasih kepada Ibu Elvita Asmana atas inovasinya dalam proses pembelajaran, dan saya juga menghimbau kepada semua, mari kita terus berinovasi dalam meningkatkan mutu pembelajaran guna mencapai tujuan pendidikan yang akan melahirkan generasi-generasi cerdas dan berakhlak mulia,” tegas Beliau dalam perbincangan dengan jurnalis madrasah.

Metode pembelajaran merupakan cara yang dilakukan untuk mencapai tujuan belajar. Semoga dengan penggunaan metode yang tepat dan bervariasi semakin meningkatkan mutu dan hasil belajar peserta didik. (IM)

Anda mungkin juga berminat